Breaking News

MATERI SOAL PENYISIHAN FAHMIL QURAN MTQ KOTA AMBON [PAKET 12]

MTQ NASIONAL XXIV TAHUN 2012
DI KOTA AMBON PROVINSI MALUKU

MATERI SOAL PENYISIHAN FAHMIL QURAN MTQ KOTA AMBON
Arena Utama MTQN 24 Maluku.Foto: Republika.com

CABANG FAHMIL QUR’AN
P.
12

SOAL PAKET REGU BABAK PENYISIHAN


1.
S
:
Penegakan hukum harus dilakukan dengan benar dan seadil-adilnya. Allah memerintahkan manusia agar menyampaikan amanah itu kepada yang berhak, dan menegakkan hukum seadil-adilnya. Bacakan potongan ayat tentang perintah menunaikan amanah kepada yang berhak dan penerapan hukum kepada manusia secara adil!


J
:
An-Nisa : 58
* ¨bÎ) ©!$# öNä.ããBù'tƒ br& (#rŠxsè? ÏM»uZ»tBF{$# #n<Î) $ygÎ=÷dr& #sŒÎ)ur OçFôJs3ym tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# br& (#qßJä3øtrB ÉAôyèø9$$Î/ 4 ¨bÎ) ©!$# $­KÏèÏR /ä3ÝàÏètƒ ÿ¾ÏmÎ/ 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. $JèÏÿxœ #ZŽÅÁt/ ÇÎÑÈ  





2.
S
:
Sempurnakan ayat berikut ini :
uqèd Ï%©!$# šYn=y{ Nä3s9 $¨B Îû ÇÚöF{$# $YèŠÏJy_ ……………

J
:
Al-Baqarah : 29
uqèd Ï%©!$# šYn=y{ Nä3s9 $¨B Îû ÇÚöF{$# $YèŠÏJy_ §NèO #uqtGó$# n<Î) Ïä!$yJ¡¡9$# £`ßg1§q|¡sù yìö7y ;Nºuq»yJy 4 uqèdur Èe@ä3Î/ >äóÓx« ×LìÎ=tæ ÇËÒÈ





3.
S
:
Terjemahkan ayat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik !
(QS : Al-Thariq : 11-14)
Ïä!$uK¡¡9$#ur ÏN#sŒ Æìô_§9$# ÇÊÊÈ   ÇÚöF{$#ur ÏN#sŒ Æíô¢Á9$# ÇÊËÈ   ¼çm¯RÎ) ×Aöqs)s9 ×@óÁsù ÇÊÌÈ   $tBur uqèd ÉA÷olù;$$Î/ ÇÊÍÈ  

J
:
11. Demi langit yang mengandung hujan, 12. dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan, 13. Sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang bathil. 14. dan sekali-kali bukanlah Dia senda gurau.






4.
S
:
Apa yang dimaksud dengan SAKTAH?


J
:
SAKTAH : Berhenti sejenak tanpa mengambil nafas.





5.
S
:
Sebutkan pengertian kafir menurut agama Islam!


J
:
Kafir ialah siapa saja yang mengingkari atau tidak percaya kepada Kearasulan Nabi Muhammad saw. atau tidak percaya kepada agama yang diajarkan olehnya berasal dari Allah swt.





6.
S
:
Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, menjadi pembeda antara yang haq dengan yang bathil, dan diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan sebagaimana dijelaskan sendiri oleh Al-Qur’an. Bacakan ayat yang menunjukkan bahwa Al-Qur’an diturunkan di bulan Ramadhan!


J
:
Al-Baqarah : 185
ãöky­ tb$ŸÒtBu üÏ%©!$# tAÌRé& ÏmŠÏù ãb#uäöà)ø9$# Wèd Ĩ$¨Y=Ïj9 ;M»oYÉit/ur z`ÏiB 3yßgø9$# Èb$s%öàÿø9$#ur 4 …..




7.
S
:
Sebutkan apa nama lagu yang akan diperdengarkan berikut ini ! Q.S. Hud: 90.
(#rãÏÿøótGó$#ur öNà6­/u §NèO (#þqç/qè? Ïmøs9Î) 4 ¨bÎ) În1u ÒOŠÏmu ׊rߊur ÇÒÉÈ

J
:
Sika





8.
S
:
Disebut apakah : orang yang bertemu Rasulullah saw. dengan pertemuan yang wajar sewaktu  Rasulullah saw. masih hidup  dalam keadaan islam dan beriman ?


J
:
Sahabat       ( PIH 29)




9.
S
:
Please read the ayat of the Holy Qur’an which is the meaning:
In the name of Allah , the Entirely Merciful, the Especially Merciful


J
:
ÉOó¡Î0 «!$# Ç`»uH÷q§9$# ÉOŠÏm§9$# ÇÊÈ  



10.
S
:
Perhatikan berkenaan dengan siapa ayat berikut ini dan apa kisah yang terkandung di dalamnya?
çmø?uä!$mgmú $yJßg1y÷nÎ) ÓÅ´ôJs? n?tã &ä!$uŠósÏFó$# ôMs9$s% žcÎ) Î1r& x8qããôtƒ štƒÌôfuÏ9 tô_r& $tB |Møs)y $oYs9 4 $£Jn=sù ¼çnuä!$y_ ¡Ès%ur Ïmøn=tã }È|Ás)ø9$# tA$s% Ÿw ô#ys? ( |NöqpgwU šÆÏB ÏQöqs)ø9$# tûüÏJÎ=»©à9$# ÇËÎÈ   ( Al Qashash : 25)  


J
:
Nabi Musa: Dengan tak disangka sangka, datanglah kepada Nabi Musa salah seorang dari kedua dara itu dengan agak malu-malu dan berkata kepadanya, bahwa bapaknya mengundang Musa datang ke rumahnya untuk sekadar membalas budi baik Musa yang telah menolong mereka mengambil air minum dan memberi minum binatang ternak mereka. Maka tatkala Musa mendatangi bapaknya (Syuaib) dan menceritakan kepadanya cerita (mengenai dirinya), Syuaib berkata: `Janganlah kamu takut. Kamu telah selamat dari orang-orang yang zalim itu’.





11.
S
:
Rukun Wudhu ada 6, Rukun keberapakah “Membasuh kedua tangan hingga ke siku”?


J
:
Rukun ke-3.





12.
S
:
على يد أي قائد كان فتح مصر ؟ 


J
:
على يد القائد عمرو بن العاص





13.
S
:
Keterangan yang masyhur menyebutkan Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan. Tahun berapa dari tahun Hijriah terjadinya perang Badar tersebut?


J
:
tahun ke 2 Hijriah





14.
S
:
Keluarga adalah unit terkecil dalam struktur sosial. Setiap warganegara wajib melindungi diri dan keluarganya dari berbagai malapetaka. Bacakan potongan ayat yang menyuruh manusia menyelamatkan diri dan keluarganya dari api neraka!


J
:
Al-Tahrim : 6
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#þqè% ö/ä3|¡àÿRr& ö/ä3Î=÷dr&ur #Y$tR ........................


No comments