Breaking News

SOAL FAHMIL QURAN MTQ NASIONAL AMBON PROVINSI MALUKU [PAKET 15]

MTQ NASIONAL XXIV TAHUN 2012 
DI KOTA AMBON PROVINSI MALUKU

SOAL FAHMIL QURAN MTQ RIAU
Kafilah utusan Kabupaten Indragiri Hilir berhasil meraih juara ketiga cabang perlombaan Fahmil (cerdas cermat) Qur’an pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XXXIII Tingkat Provinsi Riau. Foto: https://detikriau.org 

CABANG FAHMIL QUR’AN P. 15

SOAL PAKET REGU BABAK PENYISIHAN


1. S : Banyak orang hanya pintar memerintahkan segala sesuatu, tetapi dia sendiri tak melakukannya. Allah membenci orang-orang yang selalu mengatakan (memerintahkan) sesuatu yang dia sendiri tak melakukannya. Bacakan ayat yang berkenaan dengan hal tersebut!

J : As-Shaf : 2-3
                      

2. S : Sempurnakan ayat berikut ini :
     ...................................................
J : Ali Imran : 31
     •            


3. S : Terjemahkan ayat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik !
(QS : Al –Fajr : 24-26 )
                     

J : 24. Dia mengatakan: "Alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini".
25. Maka pada hari itu tiada seorangpun yang menyiksa seperti siksa-Nya[1577].
26. dan tiada seorangpun yang mengikat seperti ikatan-Nya.

[1577] Maksudnya: kekerasan azab Allah sesuai dengan keadilan-Nya.




4. S : Qira'at siapakah dan diriwayatkan oleh siapa yang kita pakai di Indonesia?

J : Qira'at Ashim diriwayatkan oleh Hafsh.


5. S : Apa yang disebut dengan mustahil akli (aqly)?

J : Musthil akli ialah ketetapan akal terhadap sesuatu perkara, bahwa sesuatu itu tidak mengkin terjadi, tidak mungkin ada dan segalanya tidak mungkin.


6. S : Apa nama populer dari Surah Bara’ah itu?

J : At-Taubah


7. S : Dengarkan dan simak baik-baik, apa nama lagu yang akan dibacakan pada ayat  berikut ini? Q.S. Al-A’raf: 204
        
J : Rast

8. S : Siapakah tabi’iy yang paling utama menurut Imam Ahmad ?

J : Said Ibnu Musayyab     ( PIH 32 )

9. S : Please read the ayat of the Holy Qur’an which is the meaning:
May the hands of Abu Lahab be ruined and ruined is he (Q.S. Al-Masad: 1)

J :        

10. S : Perhatikan berkenaan dengan siapa ayat berikut ini dan apa kisah yang terkandung di dalamnya?
                

J : Nabi Yusuf: Dalam suatu musyawarah mereka mengusulkan agar Yusuf dibunuh saja, atau dibuang ke tempat yang jauh sehingga ia tidak mungkin kembali. Dengan demikian bila Yusuf sudah tiada atau tersingkir ke negeri yang jauh tentulah ayah mereka akan kembali memperhatikan dan menyayangi mereka lagi. Mereka membujuk diri mereka sendiri dengan mengatakan meskipun mereka telah berdosa tetapi pintu tobat masih terbuka lebar bagi mereka semua dan menjadi orang baik.
(Yusuf : 9)

11. S : Ada berapa rukun mandi wajib? Sebutkan!

J : Ada 2.: 1. Niat,  2 Menyampaikan air keseluruh tubuh.


12. S : من أي ركن من الكعبة يبدأ الطائف طوافه

J : يبدأ من ركن الحجر الأسود


13. S : Pada awalnya tulisan al-quran belum bertitik dan berharokat. Sebutkan dua orang yang sangat berjasa, dengan memberikan tanda titik di setiap akhir kata dan yang memberi tanda harokat tersebut ?

J : Abul Aswal ad-Du’ali
Khalil bin Ahmad


14. S : Keragaman di dunia ini adalah suatu keniscayaan. Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar mereka saling mengenal, bukan saling memusuhi. Bacakan  ayat atau potongan ayat yang menjelaskan hal tersebut!

J : Al-Hujurat : 13
 ••           •      •      


No comments