SOAL PENYISIHAN MUSABAQAH FAHMIL QURAN MTQ PROVINSI MALUKU [PAKET 08]
MTQ NASIONAL XXIV
TAHUN 2012
|
Proses pembuatan panggung utama MTQ kota Maluku tahun 2012. Foto: http://panitiamtq.blogspot.co.id |
CABANG FAHMIL QUR’AN
P.
08
SOAL PAKET REGU BABAK PENYISIHAN
1.
|
S
|
:
|
Manusia
harus terus saling menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam dosa
dan permusuhan. Bacakan potongan ayat yang berkenaan dengan hal tersebut!
|
|
J
|
:
|
Al-Maidah : 2
............. (#qçRur$yès?ur
n?tã
ÎhÉ9ø9$#
3uqø)G9$#ur
(
wur
(#qçRur$yès?
n?tã
ÉOøOM}$#
Èbºurôãèø9$#ur
4
........
|
|
|
|
|
2.
|
S
|
:
|
Sempurnakan ayat berikut
:
ÆÏBur
Ĩ$¨Z9$#
`tB
äÏGt `ÏB
Èbrß «!$# #Y#yRr&
öNåktXq6Ïtä ................
|
|
J
|
:
|
ÆÏBur Ĩ$¨Z9$# `tB äÏGt `ÏB Èbrß «!$# #Y#yRr& öNåktXq6Ïtä Éb=ßsx. «!$# (
tûïÉ©9$#ur (#þqãZtB#uä x©r& ${6ãm °! 3
öqs9ur tt tûïÏ%©!$# (#þqãKn=sß øÎ) tb÷rtt z>#xyèø9$# ¨br& no§qà)ø9$# ¬! $YèÏJy_ ¨br&ur ©!$# ßÏx© É>#xyèø9$# ÇÊÏÎÈ
|
|
|
|
|
3.
|
S
|
:
|
Terjemahkan ayat berikut ini ke dalam bahasa Indonesia yang baik !
(QS : Al-Insyiqaq : 16-20)
Ixsù
ãNÅ¡ø%é&
È,xÿ¤±9$$Î/
ÇÊÏÈ È@ø©9$#ur
$tBur
t,yur
ÇÊÐÈ ÌyJs)ø9$#ur
#sÎ)
t,|¡¯@$#
ÇÊÑÈ ¨ûãùx.÷tIs9
$¸)t7sÛ
`tã
9,t7sÛ
ÇÊÒÈ $yJsù
öNçlm;
w
tbqãZÏB÷sã
ÇËÉÈ
|
|
J
|
:
|
16. Maka sesungguhnya Aku bersumpah demi
cahaya merah di waktu senja, 17. dan demi malam dan apa yang diselubunginya,
18. dan dengan bulan apabila jadi purnama) 19. sesungguhnya kamu melalui
tingkat demi tingkat (dalam kehidupan)
|
|
|
|
|
4.
|
S
|
:
|
Apa yang dimaksud dengan ITHBAQ?
|
|
J
|
:
|
ITHBAQ : Meletakkan lidah yang menentangi
langit-langit ke atas pada penuturan huruf
|
|
|
|
|
5.
|
S
|
:
|
Dibawah
ini beberapa hal yang harus kita imani di samping rukun iman, ialah;
|
|
J
|
:
|
1. Isra
Mi’raj, 2. Jin, 3. Arsy
|
|
|
|
|
6.
|
S
|
:
|
Pada masa Khalifah
Abu Bakar, Al-Qur’an yang sebelumnya masih berserakan di beberapa rumah
Sahabat atas usul Umar bin Khatthab dikumpulkan menjadi satu ikatan dan
disimpan di sebuah tempat yang aman. Di rumah siapakah kumpulan ayat
Al-Qur’an itu disimpan?
|
|
J
|
:
|
Di rumah
Hafshah binti Umar
|
|
|
|
|
7.
|
S
|
:
|
Dengarkan baik-baik. Sebutkan apa
nama lagu yang akan dilantunkan berikut ini ?
Q.S. Al-An’am: 162
ö@è% ¨bÎ) ÎAx|¹ Å5Ý¡èSur y$uøtxCur ÎA$yJtBur ¬! Éb>u tûüÏHs>»yèø9$# ÇÊÏËÈ
|
|
J
|
:
|
Shoba
|
|
|
|
|
8.
|
S
|
:
|
Disebut juga dengan thariq atau wajah
, yaitu jalan yang menyampaikan kita kepada matan hadis. Apakah istilah
masyhurnya?
|
|
J
|
:
|
Sanad
|
|
|
|
|
9.
|
S
|
:
|
Please
read the ayat of the Holy Qur’an which is the meaning:
And
verily, you (O Muhammad SAW) are of great moral character. (Q.S. Al-Qalam :
4)
|
|
J
|
:
|
y7¯RÎ)ur
4n?yès9
@,è=äz
5OÏàtã
ÇÍÈ
|
|
|
|
|
10.
|
S
|
:
|
Perhatikan berkenaan dengan siapa ayat berikut ini dan apa
kisah yang terkandung di dalamnya?
$oYö7ydurur
ÿ¼ã&s!
¼ã&s#÷dr&
Nßgn=÷VÏBur
öNßgyè¨B
ZptHôqy
$¨ZÏiB
3tø.Ïur
Í<'rT{
É=»t7ø9F{$#
ÇÍÌÈ ( Shaad : 43)
|
|
J
|
:
|
Nabi Ayub: Setelah
penyakit nabi Ayub sembuh kembali seperti sedia kala, kemudian dia menghimpun
kembali keluarganya yang telah terpencar-pencar, dan mereka dapat menyebarkan
keturunan yang berlipat ganda, sebagai rahmat Allah kepadanya dan kepada
keturunannya.
Allah
SWT menegaskan bahwa ketaatan dan kesabaran Ayub itu merupakan pelajaran bagi
orang-orang yang berakal dan menjadi petunjuk bagi seluruh manusia bahwa
rahmat Allah SWT itu dekat sekali.
|
|
|
|
|
11.
|
S
|
:
|
Apabila
bejana/tempat makan minum dijilat oleh anjing, bagaimana cara mensucikannya!
|
|
J
|
:
|
Harus
dicuci dengan air 7 kali, salah satunya dengan memakai air tanah.
|
|
|
|
|
12.
|
S
|
:
|
ما هو اليوم الذي قبل يوم عرفة ؟
|
|
J
|
:
|
هو يوم التروية
|
|
|
|
|
13.
|
S
|
:
|
Peperangan yang langsung dipimpin oleh
Nabi Muhammad SAW disebut Gozwah (Ghazwah). Apakah nama peperangan yang tidak
langsung dipimpin oleh Nabi?
|
|
J
|
:
|
Sariyyah
Jaish
|
|
|
|
|
14.
|
S
|
:
|
Setiap
individu Muslim wajib menaati Allah dan Rasul-Nya serta pemegang
urusan/kekuasaan. Bacakan potongan ayat yang menegaskan hal itu!
|
|
J
|
:
|
An-Nisa : 59
$pkr'¯»t
tûïÏ%©!$#
(#þqãYtB#uä
(#qãèÏÛr&
©!$#
(#qãèÏÛr&ur
tAqߧ9$#
Í<'ré&ur
ÍöDF{$#
óOä3ZÏB
(
.....................
|
No comments